Menggunakan Fasilitas Mail Forward untuk Manage Multiple Account Gmail

Friday, June 4, 2010

planet evolution (info) ,

Kemarin ada yang bertanya ke babeh, bagaimana cara mengelola atau me-manage gmail account lebih dari satu. Ya, memang kadang kita perlu mempunyai akun email lebih dari satu dengan alasan tertentu, misalnya untuk kepentingan pribadi dan bisnis.

logo gmail Menggunakan Fasilitas Mail Forward untuk Manage Multiple Account Gmail

Namun ada kalanya juga kita bingung untuk mengelolanya karena pada saat yg bersamaan, kita hanya dibolehkan untuk membuka satu account email saja. Kecuali kalau kita mempunyai beberapa browser yang sudah terinstal di komputer kita, kita bisa membuka masing-masing account pada browser yang berbeda-beda. Meskipun begitu, hal itu juga masih merepotkan.

Untuk mempermudah hal tersebut, kita bisa menggunakan fasilitas email forwarding (penerusan) yang disediakan oleh gmail. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Login ke akun gmail menggunakan ID dan password yang anda punya
  • Pada dashboard gmail, klik Setelan (setting)
  • Lalu pilih Penerusan dan POP/IMAP (forwarding and POP/IMAP)
  • Klik radio button “Teruskan salinan surat yang masuk ke” dan isi kolom yang tersedia dengan email yang akan digunakan untuk menampung email dan pilih untuk menyimpan, arsipkan atau menghapus email yang masuk ke account gmail yang akan kita forward ini.
  • Setelah selesai, klik tombol “simpan perubahan”.
  • Setelah itu, semua email yang masuk ke gmail account ini secara otomatis akan di-forward atau diteruskan ke alamat email yang telah kita tentukan diatas.

Cara ini bisa diterapkan pada akun gmail kita yang lain, sehingga kita hanya perlu membuka account email yang digunakan sebagai alamat forwarding, sehingga kita lebih mudah untuk me-manage multiple account kita.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan memberikan komentar anda terhadap artikel ini