Perubahan iklim telah menciptakan "Marmot super" yang lebih besar dan lebih kuat, sebuah studi baru menunjukkan. Sebuah marmut di Pegunungan Rocky. F

Wednesday, September 8, 2010

planet evolution (info) ,

Perubahan iklim telah menciptakan "Marmot super" yang lebih besar dan lebih kuat, sebuah studi baru menunjukkan.

Sebuah marmut di Pegunungan Rocky. Foto: Alamy

Para ilmuwan mengklaim lagi bahwa musim panas menyebabkan Marmot - yang tinggal di tanah 'bajing' - bangun lebih awal dari hibernasi, memberi mereka lebih banyak waktu untuk mereproduksi dan kenaikan berat badan sebelum masa hibernasi berikutnya.

Populasi ini juga meningkat dalam ukuran karena Marmot telah bereproduksi lebih awal sehingga anak mereka lebih bertahan selama musim dingin.

Para ilmuwan pertama kali mulai mempelajari binatang, yang hidup pada sekitar 10.000 kaki di Pegunungan Rocky Colorado, pada tahun 1962.

Untuk mencapai hasil temuan mereka, tim menganalisis massa tubuh, kelangsungan hidup dan reproduksi Marmot.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak itu, massa rata-rata Marmot dewasa telah meningkat sebesar 11 persen atau 400 gram.

Peneliti utama dalam penelitian ini, Dr Arpat Özgül dari Imperial College London, mengatakan peningkatan populasi bisa ke jawaban "jangka pendek" untuk musim panas lagi.

Tapi ia menjelaskan studi lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan bagaimana hewan akan terpengaruh oleh perubahan iklim di masa mendatang.

"Marmot terjaga hanya empat sampai lima bulan tahun ini," katanya.

"Bulan ini adalah waktu yang sibuk bagi mereka-mereka harus makan dan menaikkan berat badan, hamil, menghasilkan keturunan dan bersiap-siap untuk hibernasi lagi.

"Sejak musim panas menjadi lebih lama, Marmot memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal dan tumbuh dewasa sebelum musim dingin yang akan datang, sehingga mereka lebih mungkin berhasil dan bertahan hidup.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jenis tertentu domba di Skotlandia menyusut karena dampak perubahan iklim.

Profesor Tim Coulson, rekan penulis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature, mengatakan Marmot telah memberikan contoh lain tentang bagaimana perubahan iklim akan berdampak pada dunia alam.

Dia mengatakan: "Kami telah menunjukkan bagaimana kita dapat model konsekuensi perubahan lingkungan terhadap populasi liar.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan memberikan komentar anda terhadap artikel ini