(IST) INILAH.COM, Jakarta – Arkeolog menemukan 57 makam Mesir kuno, sebagian besar dengan detil sarkofagus kayu dengan mumi di dalamnya, menurut Ba

Tuesday, May 25, 2010

planet evolution (info) ,


(IST)

INILAH.COM, Jakarta – Arkeolog menemukan 57 makam Mesir kuno, sebagian besar dengan detil sarkofagus kayu dengan mumi di dalamnya, menurut Badan Peninggalan Sejarah Mesir.

Makam tertua bertanggal 2750 sebelum Masehi, yakni periode dinasti pertama dan kedua Mesir. Dua belas dari makam adalah dari dinasti yang memerintah Mesir pada abad kedua sebelum Masehi.

Penemuan tersebut mengungkap petunjuk baru tentang agama kuno Mesir, menurut Badan Tinggi Peninggalan Sejarah Mesir, sebagaiman dilansir Yahoonews.

Ketua arkeolog Mesir, Zahi Awass mengatakan bahwa mummi-mummi tersebut merujuk ke dinasti ke-18 yang makamnya didekorasi dengan teks religius linen dari buku kematian dan skema dewa kuno Mesir.

Abdel Rahman El-Aydi, kepala misi arkeologi yang membuat penemuan bersejarah mengatakan beberapa makam diukir dengan teks religius yang dipercaya masyarakat kuno Mesir membuat arwah yang meninggal mudah menjalani kehidupan berikutnya.

El-Aydi mengatakan salah satu makam tertua dalam keadaan hampir utuh, dengan seluruh peralatan sisa penguburan dan sarkofagus kayu berisi mummi terbungkus kain linen.

Dalam 31 makam yang diperkirakan bertanggal 2030 hingga 1840 sebelum Masehi, arkeolog menemukan pola kepercayaan Mesir kuno yang berbeda dari dugaan awal, seperti kepala burung elang Horus, Hathor, Khnum dan Amun yang melengkapi makam.

Badan Peninggalan Sejarah Mesir mengatakan temuan tersebut diambil dari wilayah Lahoun, Fayoun, sekitar 100 kilometer sebelah selatan Kairo.

Tahun lalu, sebanyak 53 makam batu dengan tanggal kuno berbeda juga ditemukan di area yang sama.[ito]

0 komentar:

Post a Comment

silahkan memberikan komentar anda terhadap artikel ini