Fenomena Hujan Es Di Puncak Gunung Merapi

Friday, January 21, 2011

planet evolution (info) ,

Hujan Es Di Gunung Merapi, Kabar Terbaru Gunung Merapi, Fenomena Alam Terbaru, Fenomena Alam 2011

Masih ingatkah dibenak Anda berita yang menghebohkan Indonesia tentang Gunung Merapi ? Gunung merapi yang meletus dan menimbulkan banyak korban serta menghancurkan daerah disekitar gunung merapi. Dan bahkan sampai sekarang efek letusan gurung merapi masih sangat dirasakan oleh warga jogja dan magelang karena banjir lahar dingin yang kian hari makin mengkawatirkan. Tapi dibalik itu semua ternyata Gunung merapi yang tekenal denga Awan Panas atau Wedhus Gembel nya mempunyai sebuah fenomena alam yang sungguh mempesona yakni Fenomena Hujan Es Di Puncak Gunung Merapi

Hujan es yang terjadi di kawasan lereng Gunung Merapi pada Kamis siang tadi diduga akibat adanya awan vertical. Keadaan seperti itu wajar terjadi pada wilayah yang curah hujannya cukup tinggi, seperti di Gunung Merapi.

Hal itu disampaikan kepala seksi data dan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Toni Agus Wijaya saat dikonfirmasi salah satu wartawan Okezone.

Toni menjelaskan, sebelum terjadi hujan es muncul gumpalan awan vertikal. Gumpalan awan vertical itu berbeda dengan awan seperti biasanya.

“Gumpalan awan yang terjadi berbeda dari biasanya. Sebab, berbentuk vertikal dengan ketinggian tertentu dibanding awan jenis lainnya,” kata Toni Kamis (20/1/2011) petang.

Lebih lanjut Toni menjelaskan, awan vertikal tersebut menyentuh titik paling tinggi di udara yang bersuhu dingin. Setelah menyentuh, kata Toni, kemudian menjadi partikel beku saat hujan turun.

“Semakin atas gumpalan itu, maka suhunya semakin dingin. Sehingga saat bersentuhan dengan suhu dingin terjadi hujan es pada kawasan tertentu. Misal, siang tadi di kawasan Merapi. Fenomena alam seperti itu sangat rasional kok,” pungkasnya.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan memberikan komentar anda terhadap artikel ini